Objek Wisata Sulteng jadi perhatian Pemprov Sulteng

Advertisement

Objek Wisata Sulteng jadi perhatian Pemprov Sulteng

infobaru.net
Saturday, September 22, 2018

loading...


Palu, Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M.Si bersama Wali Kota Palu Drs. H Hidayat, M.Si meninjau obyek wisata Bukit Salena pada Jumat (21/9/2018), di samping keindahan dan sejuknya udara, tempat tersebut juga sangat mendukung bagi para pencinta olah raga dirgantara. Paralayang. 

Pada kesempatan itu, wali kota Palu Hidayat mengucapkan rasa bangga dan terima kasih atas perkenaan gubernur untuk hadir dan melihat langsung tempat yang akan direncanakan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata di kota kelor itu. Hidayat juga mengusulkan agar daerah sekitar obyek wisata mendapatkan perhatian, yang berarti masyarakat sekitar mendapatkan berkah pembangunan. Beberapa tempat tinggal penduduk telah dalam proses perbaikan bedah rumah. Dan jalan di kecamatan Ulujadi yang menuju bukit Salena pun tengah dalam proses pengerasan. 

“Terima kasih kepada bapak gubernur, kawasan ini satu obyek tourism dalam perencanaan kota Palu, dimensi gunung dari 4 dimensi, bukit Taman Hutan Kota Kombona, Uwentumbu yang tahun ini akan dibangun wahana outbound yang sudah diusulkan kepada kementerian kota Palu, dan sepanjang jalan menuju ke obyek wisata akan rehab rumah, kita tidak merubah budaya rumah panggung, tapi kita perbaiki”, ungkapnya. 

Gubernur Longki menyambut positif langkah yang diinisiasi wali kota Palu untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Tetapi di kesempatan yang sama, ia mengingatkan agar langkah yang diambil demi memajukan pariwisata  tidak menabrak aturan hukum perundangan yang berlaku. Karena gubernur merupakan kepanjangan wewenang pemerintah pusat. Pasalnya lokasi tersebut sebagiannya merupakan kawasan hutan. 

“Gubernur adalah perpanjangan tangan LHK, kami yang akan menandatangani untuk kepentingan lingkungan dan pariwisata. Alhamdulillah kota Palu menyanggupi dan dikembangkan menjadi kawasan Salena Nomoni. Untuk pelestarian wisata dan kepentingan lain dengan mengutamakan pelestarian lingkungan. Mudah-mudahan ini tidak disalahgunakan oleh kita, terus terang statusnya adalah hutan lindung, harus sepengetahuan izin pemerintah LHK, KPH dan Dinas Kehutanan bersama gubernur”, tegasnya. 

*(Foto: Ismail Salahuddin)*

Gubernur menambahkan, agar walikota dapat merancang rencana kerja bidang pariwisata dengan menggandeng pihak provinsi, agar dalam pelaksanaannya di waktu mendatang dapat sejalan dan saling melengkapi. Hal itu, katanya, karena Palu merupakan ibukota provinsi dan sekaligus sebagai pusat pemerintahan. Maka menjadi lazim mendapat perhatian, karena Palu menjadi representasi provinsi Sulawesi Tengah secara umum. 

Sebelum meninggalkan tempat, gubernur dan wakil kota bersama forum komunikasi pimpinan daerah yang hadir melihat aksi para pencinta olahraga paralayang lepas landas di bukit Selena kemudian terbang mengelilingi langit kota Palu. Dari sini teluk Palu menjadi sangat indah dipandang, seakan terbayar perjuangan mendaki menuju tempat itu yang terbilang terjal. Bagi para pengendara yang akan menuju bukit Salena, untuk menikmati keindahan kota Palu dari ketinggian, agar berhati-hati.

 *(HSN/HUMASPROV)*





Pembaca
Loading...