Festival Kopi Sulteng, Wagub Harap Sulteng Bisa Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Tanaman Kopi Lokal -->

Advertisement

Festival Kopi Sulteng, Wagub Harap Sulteng Bisa Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Tanaman Kopi Lokal

infobaru.net
Saturday, November 2, 2019

loading...


Wagub Sulteng saat mengunjungi salah satu stan saat pembukaan Festival Kopi Sulteng di taman Gor, Palu (1/11/19/) Dok. (Foto: Ismail Humprov)

Info Baru.Net- Dalam rangka memeriahkan Hari Kopi Internasional, Pemprov Sulteng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng menggelar Festival Kopi yang bertajuk “Explore Cita Rasa Kopi Sulteng” di Taman Gor, Palu, Jumat, (1/11/19)

Wakil Gubernur Rusli Dg Palabbi saat membuka Festival Kopi mengatakan, kopi merupakan salah satu komoditas dunia yang telah dibudidayakan lebih dari 50 negara termasuk Indonesia.

“Menurut sumber International Coffee Organization (ICO) tahun 2017, Indonesia adalah negara produsen kopi keempat terbesar setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Sedang sebagai konsumen, Indonesia masuk dalam urutan ketujuh dunia.

Fakta ini, kata Rusli menguatkan bahwa minum kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat bahkan turut mempengaruhi pertumbuhan hilirisasi industri kopi dengan maraknya home industry, cafe, restoran, dan warung-warung kopi di daerah kita.

“Terkait kopi di Sulawesi, kopi toraja (queen of coffee) adalah salah satu varian yang sudah tidak asing lagi di lidah para penikmat kopi,’ lanjut Rusli.
Namun demikian, tambah Rusli, selain kopi toraja asal Sulawesi Selatan, adapula varian kopi robusta dan arabika, berupa kopi kulawi dan kopi napu, yang masing-masing dihasilkan kabupaten Poso dan Sigi, lewat perkebunan rakyat.

“Meski produktifitas dan luas lahan yang ada masih belum optimal tapi berkat jasa industri kecil dan menengah yang banyak membuka cafe, restoran dan warung-warung kopi, secara tidak langsung telah ikut mengangkat pamor kopi khas daerah, semoga hal ini jadi pertanda baik dalam hal perputaran roda ekonomi khususnya dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi pascabencana,” harapnya.

*rls/humprov

Pembaca
Loading...